Senin, Agustus 27, 2012

How

Harus diterjemahkan seperti apa kata itu?
Bagaimana? Seperti apa?

Bagaimana dan seperti apa artinya?
Bagaimana, kutanyakan untuk
mengetahui kabarmu, keadaanmu, dan sedikit ceritamu,
Seperti apa, kutanyakan lagi untuk mengetahui kabar, keadaan, dan cerita-ceritamu.

Tidak peduli sekalipun tidak ada yang kau dengarkan dari sekian banyak pertanyaanku, tetapi masih saja, aku belum bosan untuk sekali lagi, sekali lagi, dan sekali lagi bertanya.

Hari ini seharusnya banyak hal terjadi yang bisa mengalihkanku dari tempatmu, seharusnya banyak orang yang bisa kutemukan untuk menggantikanmu, tetapi aku memilih untuk menahan diri dari melakukannya.
Walaupun sebenarnya tidak ada sedikitpun hal yang bisa menjamin keadaan akan lebih baik setelahnya, tetapi aku menjaminkan perasaanku sendiri untuknya.
Hari ini, aku tidak tahu apa yang kau lakukan disana, bagaimana kabarmu sekarang, dan dengan siapa sajakah kau menghabiskan harimu yang pastinya penuh cerita.

Aku masih saja tidak tahu, meskipun senantiasa ingin tahu.

Perlahan namun pasti, arah hidup kita semakin berbeda, bergerak dari jauh menjadi semakin jauh, semakin jauh, sehingga lama-lama tak terbentuk jarak yang bisa terhitung lagi.

Perlahan lagi, tak ada satupun jalan pikiran kita yang bisa bersinggungan, sekalipun bercabang, seolah cabang itu bergerak menjauh satu sama lain. Menjauh,

Sejauh timur dari barat, sejauh itu, jarak jauh yang tidak bisa kutempuh untuk menujumu, saat ini.

Ada yang menanyakan padaku, apakah masih ada tersisa harapan untukmu?
Kujawab pelan, tentu saja.
Tetap ada meskipun sesamar kulit ari, tetap ada meskipun setipis benang teriris tujuh.
Karena apalagi,
apalagi yang bisa kumiliki selain harapan, hal terkecil yang termudah untuk kulakukan saat ini. Saat dimana aku bahkan tidak bisa menjawab pertanyaan termudah tentangmu,


"Bagaimana, dan seperti apa kabarmu?"



27 Agustus 2012 11.46 PM






1 komentar: