Senin, Mei 20, 2013

Jenuh, Tanda Koma, dan Mendung Petang

seperti menunggu kedatangan seseorang yang tidak akan pernah datang.
atau, sama halnya dengan menunggu jawaban dari orang yang tidak pernah sedikitpun ingin menjawab.
seperti bermain di pusaran waktu, yang menolak untuk datang kembali, namun sangat disayangkan untuk pergi.
tidakkah kamu tahu, ada lelah yang tersembunyi rapi dibalik itu?

namanya jenuh.
sesuatu yang mungkin luput dari perhatianmu. dari perhatianku, atau bahkan mungkin luput dari perhatian mereka.
seperti teriakan yang dibalas diam,
dan ribuan pertanyaan yang dijawab anggukan atau gelengan.

kupikir aku tidak akan memiliki hal ini, karena satu-satunya yang pernah kupikirkan ketika mulai menimbun rasa hanyalah ; aku tidak akan merasa lelah.
tetapi benarkah aku tidak merasa lelah? kalau pada suatu titiknya, satu-satunya hal yang ingin kulakukan hanyalah berhenti. 
benar-benar berhenti, sampai aku merasa bahwa aku tidak ingin melanjutkan langkah lagi.
bukan karena aku ingin kalah,
tetapi lelah yang memaksaku untuk mulai belajar melambatkan langkah,
pelan-pelan mulai belajar mengurangi langkah, 
benar-benar sedang mengajari diri sendiri untuk tidak terlalu memaksakan berlari, jika satu-satunya kekuatan yang tersisa memang hanya untuk sekadar berjalan kaki.

mungkin kamu, aku, sekaligus kita sempat luput dari satu hal ini,
ketika sesuatu yang pada mulanya biasa terhadapmu, tiba-tiba mengasingkan diri dan memutuskan untuk tidak lagi ada. 
memutuskan untuk tidak lagi mengumbar rasa peduli, ataupun menghentikan kebiasaan untuk sekadar memberi ucapan selamat pagi.

jenuh.
seperti tanda koma pada sebuah kalimat.
bukan tanda koma yang ditulis dengan maksud untuk menyambung kalimat lain, tetapi tanda koma yang dibubuhkan untuk menjaga sebuah akhir yang dipaksakan.
tanda koma yang hanya dimaksudkan untuk menjaga sebuah kalimat tidak berakhir, 
sekaligus tidak dilanjutkan.
menggantung. 
seperti mendung petang yang tidak jelas turun hujannya.

ini hanya sebuah tanda jenuh.
sama halnya dengan tanda koma, dan mendung petang tanpa hujan di akhirannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar